Aturan 6 bulan cuti hamil tanpa potong gaji bos PR Jakarta tuai pujian


Aturan 6 bulan cuti hamil tanpa potong gaji bos PR Jakarta tuai pujianOpal Communications, salah satu perusahaan swasta di bidang kehumasan yang berdomisili di Jakarta ini memberlakukan peraturan baru untuk para pegawainya. Bagi karyawati yang sedang hamil, mereka akan mendapatkan cuti kehamilan selama 6 bulan dengan gaji penuh tanpa potongan sepeserpun.

Adalah Kokok Herdhianto Dirgantoro, CEO perusahaan tersebut menelurkan gagasan untuk meliburkan para karyawatinya selama 6 bulan penuh selama masa kehamilan. Selama cuti hamil, tidak ada potongan gaji sepeserpun alias gaji dibayarkan normal seperti saat bekerja.

Berikut ini status di Facebooknya:

Cuti Hamil

Saya mengira akan sulit menyakinkan partner saya dan bagian keuangan mengenai cuti hamil karyawati kantor. Ternyata tidak, semua setuju tanpa ada perdebatan.

Setelah menimbang dan kebetulan di kantor lagi ada yg hamil, kantor kecil saya membuat aturan baru cuti hamil. Total cuti hamil dengan gaji penuh tetap diterima adalah enam bulan.

Saya ingin karyawan yg akan menjadi ibu, pikirannya tenang dan konsentrasi pada kesehatan kandungan.

Saya juga langsung katakan ke karyawan pria, bila iri dengan cuti hamil, saya suruh mereka hamil 🙂

Usulan Kokok itu ternyata mendapatkan respons positif dari para pegawainya. Meski awalnya dia sempat ragu, usulannya tersebut ternyata langsung diterima semua pegawai tanpa ada perdebatan. Bahkan, karyawan lain dengan sukarela menggantikan karyawati yang sedang cuti hamil.

Kokok juga menambahkan dalam komentarnya kepada pengguna Facebook lain:

karyawan perempuan belum tentu 3-4 tahun sekali hamil. Biarkan mereka bahagia sejenak cak. Melok nyambut gawe aku isine rekoso, gaji pas2an, kantor mencil, mosok meteng arep tak pulosoro.

Pengguna Facebook lain memberikan komentar yang merupakan dukungan akan kebijakan Kokok ini:

Keren maaaas Kokok Herdhianto Dirgantoro juaraaaaaaang yg ngasih cuti sampe 6 bulan buat ibu melahirkan, bahkan mungkin gak ono. Pemerintah aja 3 bulan, trus pabrik2/ tpt usaha informal jg buanyak yg ngelanggar aturan dan cm ngasih 1 bulan. Di kantorku, cutinya dpt 4 bulan gaji pokok (jd tax home pay dikurangi tunjangan makan siang dan transport ke dan dr kantor).. kl dirimu ngasih full ya keren tralala. Hehehe.. Betewe eniwe basweee, temenku tinggal di Belgia, istrinya melahirkan, cutinya setahuuuuuuuuun .. Aturan disono gitu tnyata.. . Nah nah slain cuti hamil dan melahirkan, pegawai laki2 dikasih dong cuti mendampingi istri melahirkan. Dikantorku dpt jatah cuti mendampingi istri 2 minggu , gaji gak dipotong..” Ujar Deta.

Pengguna Facebook lain juga mendo’akan semoga perusahaan Kokok ini semakin sukses dengan kebijakan yang dia buat:

Salute… semoga makin berkembang n sukses prshmu bro Kokok Herdhianto Dirgantoro. Makin kpengen join aku di prshmu meski gak ingin hamil lagi yo (note)… tunggu aku ambil pensiun dini yaa abis itu aq ngelamar deh buat bangun divisi syariah di prshmu bro” ujar Eriza.

Wahyudi berharap pemerintah mengadopsi aturan yang dibuat Kokok ini untuk semua perusahaan:

“Kalo pemerintah ngadopsi aturan itu utk semua perusahaan, kita bakal punya generasi anak-anak yg lebih sehat, pinter, produktif. GNP per capita bakal tumbuh kenceng, daya beli naek, kemampuan bayar pajak naek. Yg untung akhirnya perusahaan dan pemerintah juga.” ujarnya melalui komentar di Facebook.

Yah melihat dari perjuangan seorang ibu hamil, sepertinya aturan ini bagus untuk diterapkan di semua perusahaan. Setuju gak? [HP – Sebarkanlah.com]


What's Your Reaction?

OMG OMG
0
OMG
Sedih Sedih
0
Sedih
Bahagia Bahagia
0
Bahagia
Marah Marah
0
Marah
Jijik Jijik
0
Jijik
EGP EGP
0
EGP
Suka Suka
0
Suka

Aturan 6 bulan cuti hamil tanpa potong gaji bos PR Jakarta tuai pujian