Biar Lebih Aman, Perempuan Naik Ojek Syar’i Saja


gojek syar'iEvilita Adriani, mahasiswi asal Surabaya menggebrak dunia perojekan dengan meluncurkan Ojek Syar’i, ojek khusus wanita yang dipesan melalui internet. Hingga saat ini armadanya sudah ada puluhan dengan pengemudinya datang dari beragam latar pekerjaan.

Dikatakan olehnya, saat ini Ojek Syar’i sudah beroperasi Surabaya, Sidoarjo, Malang. Dan dalam waktu tak lama lagi akan hadir di Jabodetabek, Gresik serta Yogyakarta.

“Jumlah armadanya pengojek Ojek Syar’i ada 60 pengemudi. Saat in Surabaya: 20 orang, Malang 1, Sidoarjo 4, dan Jabodetabek yang akan launcing minggu depan ada 35 orang,” kata Evilita, co-Founder Ojek Syar’i.

Ojek Syar’i memanfaatkan internet untuk melakukan pemesanan. Calon penumpang bisa melakukan pemanggilan melalui aplikasi pesan instan, seperti BlackBerry Messenger, Line, dan WhatsApp. Promosi pun mereka galakkan melalui Facebook dan Twitter.

Untuk penetapan tarifnya, dia mengaku dibuat oleh pendirinya yang lain,  yakni Reza Zamir. Mahasiswa sekolah tinggi agama di Surabaya jurusan Managemen Dakwah.

“Penetapan tarif oleh mas Reza Zamir yakni Rp 3.000 per kilometer. Ada biaya awal Rp 5.000 biaya operasional untuk bensin pengendara ke penumpang dan sebaliknya, biaya tunggu Rp 5.000 per 30 menit dan biaya cancel Rp 10.000,” ujarnya.

Saat ini Ojek Syar’i masih membuka pengemudi yang ingin bergabung dengannya. Karena ojek ini dikhususkan untuk wanita, sudah tentu syarat utamanya adalah wanita muslimah.

Syarat lainnya adalah, mempunyai motor dengan usia minimal tahun 2000, memiliki SIM C dan STNK yang aktif, berjilbab dan ramah.

“Pengemudinya macam-macam. Ada yang ibu rumah tangga, mahasiswi, karyawan. Ada juga yang kepala bagian HRD di 7 perusahaan Surabaya, ada juga yang dulu SPG (Sales Promotion Girls),” sebutnya.

gojek khusus perempuanKarena pengemudinya adalah wanita, maka operasional dari Ojek Syar’i dipatok dari pukul 8 pagi hingga 8 malam. Evilita mengaku idenya ini disambut oleh penumpang wanita.

“(Mereka bilang) Sangat menarik dan memenuhi kebutuhan mereka. Terutama mahasiswi luar kota yang baru berkunjung ke Surabaya, karyawan wanita, ibu-ibu yang membutuhkan antar jemput,” ceritanya.

Dia juga menyebut, selain menggunakan media sosial dan aplikasi pesan instan. Dalam waktu tak lama Ojek Syar’i akan hadir dalam bentuk aplikasi untuk ponsel pintar. [HP – Sebarkanlah.com /CNN Indonesia]


What's Your Reaction?

OMG OMG
0
OMG
Sedih Sedih
0
Sedih
Bahagia Bahagia
1
Bahagia
Marah Marah
0
Marah
Jijik Jijik
0
Jijik
EGP EGP
1
EGP
Suka Suka
1
Suka

Biar Lebih Aman, Perempuan Naik Ojek Syar’i Saja